Selasa, 19 Juni 2012

Masuk Grup F , Eros lebih Hati Hati


EEPIS-Online, Tim EROS yang telah berada di Mexico City mengikuti kompetisi Robocup 2012 untuk kategori RoboCup Soccer Humanoid League mengikuti kegiatan pengundian grup. Sebagai tim pertama dari Indonesia yang mengikuti RoboCup, EROS berada di grup F bersama dengan 2 tim dari Mexico, yaitu Cyberlords+Falconbots - Universidad La Salle dan Bogobots-TecMTY - Technologico de Monterrey.
Meski satu grup dengan tim dari Mexico, EROS tetap waspada dan berhati-hati mengingat ini kali pertamanya tim mengikuti even ini. Berlangsung sejak tanggal 18 Juni hingga 24 Juni 2012, berikut schedule pelaksanaan lomba:
18 Juni 2012        : Registrasi-setup robot dan pengundian grup
19 juni 2012         : Melanjutkan setup robot dan pembukaan RoboCup 2012
20-23 Juni 2012   : Kompetisi RoboCup
24 Juni 2012         : Simposium mengenai teknologi yang telah dikembangkan hingga RoboCup 2012
Sebagai divisi elit yang paling banyak diminati oleh para peserta karena fleksibilitas dan kebebasan dalam perencanaan, pembuatan dan pengembangan robot, Soccer Humanoid League tahun ini ternyata diikuti oleh 37 tim (24 tim yang telah melakukan registrasi terlampir pada rilis sebelumnya). Para pesertanya berasal dari universitas terkemuka di dunia dengan jumlah peserta sekitar 250 orang yang hampir semua itu adalah mahasiswa pasca-sarjana.Tim_EROS.jpg
Kompetisi dan symposium, RoboCup 2012 di Mexico City merupakan RoboCup ke 16 yang diselenggarakan setiap tahun. RoboCup ini menarik karena mengkombinasikan sains, pendidikan, komunitas, kompetisi, dan menggapai perkembangan teknologi masa akan datang. RoboCup terbagi dalam 2 divisi yaitu major league dan junior league. Major league terbagi dalam 4 subdivisi yaitu RoboCup Soccer, RoboCup Rescue, RoboCup@Home dan RoboCup Sponsor.
Pada RoboCup Soccer terdiri dalam 6 kategori, yaitu 2D simulation league (24 tim) 3D simulation league (24 tim), smalsize robot league (19 tim), midsize robot league (13 tim), standard platform league (28 tim) dan humanoid robot league (24 tim). Target utama dalam proyek RoboCup Soccer adalah untuk membangun tim sepakbola yang terdiri dari autonomous humanoid robot yang mampu mengalahkan tim juara dunia sepakbola pada tahun 2050.
Sementara di RoboCup Rescue, terbagi atas dua kategori yaitu rescue simulation league (22 tim) dan rescue robot league (11 tim). Tagetnya adalah mengaplikasikan teknologi RoboCup dalam search and rescue pada kondisi bencana.
Di samping itu ada RoboCup@Home dengan jumlah peserta 21 tim. Kompetisi ini memiliki target yang fokus untuk aplikasi di dunia nyata yang berhubungan dnegan interaksi manusia dan robot. Yang terakhir, RoboCup Sponsor, kompetisi khusus bagi para sponsor dengan kategori Logistic League by Festo (11 tim) dan RoboCup@work.
Divisi lainnya, Junior League yang diikuti oleh peserta dengan umur kurang dari 19 tahun terdiri dari kategori Dance challenge, Soccer challenge, Rescue challenge dan CoSpace Demo Challenge. RoboCup 2012 diikuti 197 tim di devisi Major Leage serta banyak tim di devisi Junior Leage, dengan total peserta lebih dari 2000 orang. 

0 komentar:

Posting Komentar

Michael Bubble

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info